Menjadikan Camera Android untuk Webcam

Spread the love

Kamera smartphone dapat digunakan sebagai webcam yang dengan mudah diakses melalui jaringan tertentu seperti melalui jaringan WiFi. Tanpa ada batasan platform, akses webcam ini dapat melalui browser biasa, maupun streaming via aplikasi video player. Asalkan berada pada satu jaringan yang sama baik lokal maupun intranet.

Cara paling mudah untuk menjadikan smartphone Android dapat berfungsi sebagai webcam, yaitu dengan memasang aplikasi tertentu seperti:

IP Webcam

link : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pas.webcam&hl=en

Setelah terpasang, tampilan awal sebelum IP Webcam beroperasi adalah sebagai berikut:

Screenshot Image

Pengaturan seperti auto focus, resolusi, efek, lampu LED dan sebagainya harus dilakukan terlebih dahulu. Karena pada keadaan dasarnya seperti auto focus masih belum diaktifkan serta orientasi dari video berbentuk landscape. Jika dirasa telah sesuai, IP Webcam dapat dimulai dengan memilih opsi Start yang terletak pada pilihan paling bawah.

Screenshot Image
Tampilan aplikasi IP Webcam saat sudah di start

Saat IP Webcam mulai beroperasi, akan tampil video dan disertai beberapa IP address dibawahnya. IP address inilah yang akan digunakan untuk mengatur setting apabila dibutuhkan tanpa harus mematikan operasi IP address. Selain itu, IP address ini juga digunakan untuk mengakses video yang tampil dari kamera, inilah fungsi utamanya sebagai webcam. Dengan satu kamera, namun dapat diakses oleh banyak device secara bersamaan melalui jaringan yang ada. Berikut tampilan secara mobile browser maupun desktop browser:

Screenshot Image
IP Webcam dilihat di mobile browser
Screenshot Image
IP Webcam dilihat di desktop browser

Dengan aplikasi ini, maka smartphone dapat digunakan sebagai webcam tanpa harus membeli peralatan tambahan. Misalkan smartphone melakukan hotspot WiFi tethering dan laptop mengakses WiFi tersebut. Smartphone menjalankan IP Webcam ini kemudian videonya diakses melalui browser laptop berdasarkan IP address yang tertera di IP Webcam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *